AMPUH HIV: Aplikasi SITRUST-HIVL digunakan di Kota Surabaya, Jawa Timur

AMPUH (Accelerating viral load testing aMong PLHIV through SITRUST and high quality laboratories) merupakan proyek perbantuan teknis yang bertujuan untuk meningkatkan cakupan pemeriksaan viral load (VL) pada ODHA dan deteksi dini status HIV pada bayi yang lahir dari Ibu HIV positif atau early infant diagnosis (EID) serta penguatan sistem pemantapan mutu eksternal (PME) pemeriksaan VL dan EID.

Kota Surabaya menjadi salah satu wilayah yang mengimplementasikan proyek ini. Dalam pelaksanaan Bulan VL HIV, Kota Surabaya dengan 14 fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) terpilih melaksanakan kegiatan pemeriksaan VL memanfaatkan aplikasi SITRUST HIV untuk pencatatan transportasi spesimen yang dikembangkan oleh Yayasan KNCV Indonesia. Aplikasi ini menghubungkan antara fasyankes pengirim, kurir dan fasyankes Rujukan, yaitu RSUD dr. Soetomo.

Aplikasi SITRUST HIV merupakan sistem informasi berbasis website dan mobile Android sebagai alat monitoring status pengiriman spesimen secara realtime. Pengembangan alikasi SITRUST HIV berangkat dari praktik baik sebelumnya dalam membantu transportasi spesimen dalam program tuberkulosis nasional. SITRUST HIV digunakan untuk pencatatan dan pelaporan transportasi spesimen viral load dan EID. Kegunaannya adalah untuk komunikasi antar pengguna dalam kaitannya dengan permintaaan pemeriksaan dan penjemputan spesimen, konfirmasi penerimaan, pemantauan status pengiriman (treking), serta penginputan hasil pemeriksaan. Penggunaan Aplikasi SITRUST HIV berpotensi meningkatkan kualitas dan efisiensi sistem pencatan dan pelaporan VL dan EID yang berlaku.

12 dari 14 fasyankes PDP di Kota Surabaya dalam 2 minggu pertama sejak lokakarya Bulan VL HIV telah berhasil mengirimkan 197 spesimen ke lab pemeriksa yang tercatat dalam aplikasi SITRUST HIV. 150 spesimen berasal dari jejaring pengiriman eksternal yang dilakukan oleh kurir dan 47 spesimen berasal dari jejaring pengiriman internal dalam lab pemeriksa. Selain untuk mendukung kegiatan Bulan VL HIV, aplikasi SITRUST VL seterusnya akan digunakan untuk memfasilitasi rujukan spesimen rutin fasyankes dengan tujuan memastikan pencatatan dan pelaporan yang berkualitas dan tepat waktu.

Yayasan KNCV Indonesia (YKI) bekerja sama dengan Yayasan Kasih Suwitno (YKS) membantu Sub Direktorat HIV AIDS dan Penyakit Infeksi Menular Seksual Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk menyelenggarakan kegiatan lokakarya ini. Kegiatan ini merupakan rangkaian implementasi proyek AMPUH (Accelerating viral load testing aMong PLHIV through SITRUST and High quality laboratories) dalam kegiatan Bulan Viral Load HIV yang akan diselenggarakan secara bertahap di kabupaten kota terpilih selama sisa tahun 2020. Proyek AMPUH dilaksanakan melalui bantuan pendanaan dari The Global Fund.

 

Teks dan foto: Suhartini
Editor: Melya Findi dan dr. Eko Hariawan